Indonesian English

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Perekayasaan Sistem Informasi Akuntansi-Angkatan 1

  • Thursday, Mar 30 2017
  • Written by 

 

PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PEREKAYASAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI-ANGKATAN 1 (17 April-2 Mei 2017)
PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA

A.    LATAR BELAKANG

          Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :Neraca, Laporan laba rugi komprehensif, Laporan perubahan ekuitas, Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.
           Dalam Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No. 1 dijelaskan bahwa tujuan utama dari laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang berguna dalam pembuatan keputusan bisnis dan ekonomi. Agar dapat memberikan informasi yang berguna, maka laporan keuangan harus berkualitas. Menyediakan informasi yang berkualitas tinggi adalah penting karena hal tersebut akan secara positif mempengaruhi penyedia modal dan pemegang kepentingan lainnya dalam membuat keputusan investasi, kredit, dan keputusan alokasi sumber daya lainnya yang akan meningkatkan efisensi pasar secara keseluruhan.
          Penyusunan laporan keuangan harus memperhatikan beberapa aspek mulai dari pengumpulan data  transaksi, pencatatan, pemisahan ke buku besar perkelompok transaksi hingga penyusunan laporan laba rugi, neraca serta cashflow dan ditutup oleh laporan perubahan modal.
Untuk mendapatkan laporan keuangan yang akurat,  sumber daya manusia di bidang akuntansi haruslah memiliki pengetahuan akuntansi yang  memadai dan terlatih. Hal ini tentu saja menjadi syarat mutlak karena tanpa SDM yang memadai maka laporan keuangan yang dihasilkan akan menyesatkan para penggunanya.
         Untuk mendapatkan sumber daya yang memadai dan terlatih dapat ditempuh dengan berbagai cara diantaranya dengan pendidikan baik secara formil maupun non formil. Pelatihan/training mutlak tetap diperlukan agar sumber daya manusia bisa up to date dengan perkembangan terkini. Sejalan dengan hal tersebut, Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada bermaksud menyelenggarakan pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Sistem Informasi Akuntansi.
         Pendidikan Profesi Akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada adalah lembaga pendidikan terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional. Selain menyelenggarakan pendidikan profesi akuntan,  PPAk FEB UGM juga menyelenggarakan seminar, workshop serta pelatihan-pelatihan di bidang akuntansi baik bagi profesional di bidang bisnis maupun sektor publik. Hal ini karena PPAk FEB UGM merasa ikut bertanggungjawab  untuk menciptakan sumber daya yang profesional. Hal ini sangat sejalan dengan keinginan bahwa universitas difungsikan sebagai “ a house of learning, an agent of change and progress, and agent for social control, a conscience and the lighthouse for the nation and product of leaders. Dengan didukung oleh instruktur yang berpengalaman baik sebagai pengajar maupun sebagai profesional, maka PPAk FEB UGM diharapkan dapat turut serta mewujudkan keinginan tersebut.
          Dari pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan  menciptakan sinergi dan kolaborasi antara universitas  dengan masyarakat luas  untuk dapat mempercepat realisasi penciptaan SDM Indonesia yang unggul, berkualitas dan berdaya saing.

B.    MANFAAT MENGIKUTI PELATIHAN

      1. Meningkatkan pengetahuan tentang konsep teoritis akuntansi dan sistem informasi akuntansi
      2. Dibimbing dan diarahkan untuk bisa menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang maupun manufaktur sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan serta mengambangkan solusi yang tepat dan benar menurut kaidah akuntansi
      3. Pemanfaatan software akuntansi untuk meningkatkan keterampilan penyusunan laporan keuangan
      4. Dikenalkan cara pembuatan aplikasi akuntansi dalam proses penyusunan laporan keuangan
      5. Mencicipi suasana akademik dan perkuliahan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis dengan mengikuti satu sesi perkuliahan di Program Pendidikan Profesi Akuntan FEB UGM

C.    PARTISIPASI

Peserta yang diharapkan untuk ikut dalam pelatihan ini adalah mahasiswa Diploma, S1, S2, S3 Staf Bagian Keuangan, Professional dan Umum yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penyusunan laporan keuangan dan perekayasaan sistem  informasi akuntansi.

D.    INVESTASI

Investasi untuk mengikuti pelatihan ini adalah Rp 1.250.000.,. Untuk lulusan S1 Akuntansi akan mendapatkan potongan sebesar 25%. (15 Pendaftar Pertama)

E.    MATERI YANG DIBERIKAN

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi:

   

  Pertemuan   Materi yang di berikan                   Durasi  
1 Pendahuluan Konsep Matematika Akuntansi 2 Jam
2 Pendalaman Konsep Matematika Akuntansi 2 Jam
3 Akuntansi Perusahan Jasa 2 Jam
4 Akuntansi Perusahan Dagang 2 Jam
5 Akuntansi Perusahaan Manufaktur 2 Jam
Libur
6 Penggunaan Sidek Application dalam penyelesaian soal akuntansi 2 Jam
7 Penggunaan Sidek Application berbasis  web dalam penyelesaian soal akuntansi      2 Jam
8 Manual Pembuatan Sidek Appication Jurnal-Buku Besar 2 Jam
9 Manual Pembuatan Sidek Appication Neraca Saldo dan Laporan Keuangan 2 Jam
10 Uji Kompetensi Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan 2 Jam

 

F.    INSTRUKTUR
       Fasilitator dalam pelatihan ini adalah staf pengajar di FEB UGM dan praktisi yang berpengalaman  bidangnya.

G.    WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
       Pelatihan diselenggarakan di kampus FEB UGM,dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat pukul 16.00 sd 18.000 WIB selama 10x pertemuan

H.    FASILITAS

      1. Sertifikat dan Skor Kompetensi
      2. Modul pelatihan dan buku
      3. Jumper Eksklusif
      4. Tas Eksklusif
      5. Blocknote  dan Ballpoint
      6. Snack
      7. Kartu Peserta Pelatihan
      8. 24 SKP dari IAI

I.    INFORMASI

Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi sekretariat Program Pendidikan Profesi Akuntan, Lt 2 Sayap Barat No telpon (0274) 548506/548507, HP 0817 042 0907

Unduh POSTER di sini

Read 857 times
Rate this item
(1 Vote)
Published in slideshow

Admin Pendidikan Profesi Akuntansi

badgeugm-footer

Copyright © 2014 | Pendidikan Program Profesi Akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
Jln. Sosio Humaniora Bulaksumur No.01, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telp dan Fax: (0274) 548506, 548507 | Email: akuntan@mail.ugm.ac.id